Air Terjun Bidadari Magetan Jawa Timur

Air terjun bidadari magetan
air terjun bidadari/pewartamadiun.net

Air terjun bidadari lokasinya berada di desa Plumpung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Air terjun Bidadari merupakan air terjun yang masih baru karena baru dibuka di Magetan pada tahun 2018. Status baru ini bukan berarti air terjun ini baru terentuk melainkan sudah ada sejak lama namun baru dibuka untuk umum. Dibandingkan dengan air terjun lainnya seperti Pundak Kiwo, Jarakan, Watu Ondo, lokasi air terjun bidadari lebih mudah diakses selain itu juga termasuk dekat dengan telaga sarangan.

baca juga : Air Terjun Pundak Kiwo

baca juga : Air Terjun  Jarakan

baca juga : Air Terjun Watu Ondo 

Akses ke Lokasi

        Untuk mencapai air terjun Bidadari akses lokasinya cukup mudah. Dari beberapa akses lokasi yang ada lebih mudah jika melalui jalan raya sarangan.  Sampai saat ini memang belum ada plang atau rambu-rambu petunjuk  di jalan raya utama ke arah sarangan. Oleh karena itu lebih baik anda mengikuti rambu – rambu yang mengarah ke desa plumpung setelah itu anda bisa bertanya ke masyarakat sekitar untuk lebih jelasnya.

Kendaraan bermotor ataupun minibus bisa melalui jalan ini, selain sudah beraspal anda juga akan dihibur hamparan sawah nan hijau. Titik pemberhentian anda bisa ke masjid Nurul hikmah  desa plumpung karena jarak dari masjid ini ke lokasi air terjun hanya kisaran 500 meter. Setelah itu lanjutkan perjalanan anda dengan berjalan kaki.  Saat ini pemerintah desa setempat dan warga sekitar sudah melirik potensi wisata air terjun bidadari ini. Mereka dengan sukarela bersama pemerintah desa membuat infrastruktur pendukung potensi wisata alam ini seperti pembangunan akses jalan ke lokasi.  

Gambaran dan Daya Tarik

        Sepanjang perjalanan menuju air terjun bidadari dari titik pemberhentian kendaraan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.  Selama perjalanan anda akan disambut perkebunan sayur masyarakat sekitar. Selain itu separuh perjalanannya anda akan menikmati sejuknya udara pegunungan. Wisata alam ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa adventure atau petualang.

Air terjun bidadari
air terjun bidadari/infomagetandotcom

       Ketingggian air terjun bidadari memiliki ketinggian dari dasar sepanjang 10 meter. Air terjun bidadari memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Jika pada umumnya air mengalir dari atas langsung ke dasar namun pada air terjun ini aliran air mengikuti kontur tebing.  Aliran air yang berkombinasi dengan tebing bebatuan menghasilkan suara gemericik yang mampu memberikan ketenangan. Sangat cocok sekali buat anda yang ingin menenangkan pikiran dan mencari inspirasi. 

Fasilitas dan Biaya Masuk

Wisata alam air terjun bidadari memang belum bisa dikatakan memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. Namun dengan keindahannya, ada akses jalan , dan gratis masuk sudah cukup bagi anda untuk menikmati wisata alam yang alami. [samuel]

Subscribe to receive free email updates: