Air Terjun Jarakan Magetan Jawa Timur

Air terjun jarakan lokasinya berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Air terjun ini merupakan rangkaian dari 3 air terjun yang berada di desa ngancar. Air terjun paling atas bernama Pundak kiwo, paling bawah bernama Watu ondo, dan yang berada di tengah bernama Jarakan. Jadi dengan menuju satu lokasi yaitu desa ngancar, anda mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke 3 lokasi air terjun sekaligus.

Akses ke lokasi

Untuk mencapai air terjun jarakan akses lokasinya cukup mudah. Dari beberapa akses lokasi yang ada lebih mudah jika melalui desa ngerong. Apabila dari arah magetan sebelum pertigaan ke arah telaga sarangan akan ada papan petunjuk sebelah kiri jalan. Ikuti papan petunjuk tersebut karena  menuju ke arah air terjun pundak kiwo.

        Kendaraan bermotor ataupun minibus bisa melalui jalan ini, selain sudah beraspal anda juga akan dihibur hamparan sawah nan hijau. Sesampainya di lokasi pemberhentian anda bisa memarkir kendaran di lokasi parkir yang sudah disediakan.  Jarak antara lokasi lokasi parkir dengan air terjun jarakan kurang lebih sekitar 1,5 km dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. 

Gambaran kondisi dan daya tarik

        Sepanjang perjalanan menuju air terjun jarakan hanya ditempuh dengan jalan kaki dengan tipe jalan jungle track.  Selama perjalanan anda akan disambut perkebunan sayur masyarakat sekitar. Selain itu separuh perjalanannya anda akan melihat deretan pohon pinus yang lebat dan menikmati sejuknya udara pegunungan. Wisata alam ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa adventure atau petualang.

Air Terjun Jarakan
Instagram/Alpenliebe/Air Terjun Jarakan

        Air terjun jarakan berada sekitar 80 meter di atas air terjun watu ondo dengan ketinggian 35 meter. Di bawah air terjun terdapat sebuah sebuah kolam kecil yang memiliki pasir. Kolam ini akan memantulkan cahaya kuning keemasan jika terkena cahaya matahari, oleh sebab itu ia dinamakan kolam pasir mas. Kolam ini sangat cocok bagi anda jika ingin mandi atau mungkin sekedar basah – basahan. Selain menemui deretan 3 air terjun anda juga akan bisa menemui situs prasasti watu ongko di lokasi ini.

Fasilitas dan biaya masuk

        Wisata alam air terjun jarakan bisa dikatakan wisata yang cukup representatif dan mendukung keinginan pengunjung. Biaya masuk juga cukup murah yaitu hanya Rp. 5.000, - (termasuk parkir) anda akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukungnya. [samuel]

  1.  Area Parkir kendaraan
  2. Tempat Istirahat
  3. Kamar mandi / MCK
  4. Warung Jualan
  5. Musholla
  6. Spot – spot foto  
  7. Jungle track

Subscribe to receive free email updates: