Air Terjun Lembah Sliring Genilangit


Air terjun lembah sliring berlokasi di dusun wonomulyo desa genilangit kecamatan poncol kabupaten Magetan. Merupakan salah satu air terjun yang berada di kecamatan poncol dengan keindahan alam khas gunung lawu. Dusun wonomulyo ini merupakan desa tertinggi di kabupaten magetan dan berbatasan langsung dengan kabupaten wonogiri di sisi baratnya. Kondisi lokasi yang berada berada di dataran tinggi tak jarang pula anda akan sering menjumpai desa ini diselimuti kabut. Jadi wajar jika desa ini disebut juga dengan desa kabut.

Akses ke Lokasi

Untuk mencapai lokasi air terjun lembah sliring cukup mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil. Namun kami sarankan anda benar-benar menggunakan kendaraan yang sehat karena kondisi walaupun sudah beraspal tapi menanjak dan harus gigi 1. Jika anda dari bandara adi sumarmo solo lama perjalanan anda kurang lebih 3 jam. Adapun rutenya yaitu Solo – Karanganyar – Cemoro Sewu Magetan – Plaosan – Poncol – Desa Genilangit – Dusun Wonomulyo. Jika anda dari terminal madiun atau stasiun kereta api madiun perjalanan kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Adapun rutenya yaitu Madiun – Poncol – Desa Genilangit – Dusun Wonomulyo.

Setelah sampai di dusun Wonomulyo anda dapat masuk melalui tempat wisata wonomulyo. Anda cukup berjalan kaki kurang lebih sekitar 300 meter untuk mencapai air terjun lembah sliring genilangit. Ia berada di sisi kanan jalan tepat berada sebelum Gua Langu Sepiangin. Dahulu gua ini menjadi tempat tinggal kelelawar namun sekarang hanya ada beberapa kelelawar saja yang tersisa. 

Gambaran dan daya tarik

Berbeda dibandingkan air terjun lainnya di gunung lawu seperti air terjun tirtasari dan deretannya atau air terjun studio alam. Air terjun lembah siring memiliki ciri khas dan nilai lebih. Ia lebih mudah ditempuh bahkan untuk anak usia 10 tahun sekalipun dan cocok untuk wisata keluarga. Ia berada satu lokasi dengan wisata alam wonomulyo yang memiliki banyak fasilitas pendukung.  Jadi ketika berkunjung kesini anda tidak hanya mendapatkan keindahan air terjun namun juga fasilitas pendukung lainnya.

Baca juga : Air terjun tirtosari

Baca juga : Air terjun studio alam

Air terjun ini bersumber dari wonomulyo sehingga debit airnya sangat bergantung dari wonomulyo. Kami sarankan jika anda ingin menikmati air terjun lembah sliring pada waktu musim hujan karena pada musim kemarau airnya akan menghilang karena pengalihan fungsi air. Namun jangan khawatir anda masih bisa menikmati keindahan alam di wisata wonomulyo.

air terjun lembah sliring
air terjun lembah sliring/facebook sukadimanasaja

Air terjun ini memiliki air yang jernih dan dingin dengan panorama alam yang indah. Dikelilingi  pohon pinus yang membawa udara sejuk merasuk ke jiwa dan tebing – tebing yang memukau akan menyejukkan mata kita. Udara yang masih bersih tanpa adanya polusi seperti di ibukota membuat kita akan betah berlama – lama disini.

Fasilitas dan biaya

Cukup mengeluarkan Rp.5.000, - untuk tiket masuk dan itu pun sudah termasuk parkir, wisata air terjun ini bisa anda nikmati. Di lokasi ini sudah ada berbagai fasilitas pendukung seperti wahana permainan anak, out bound area yang sanggup menampung ratusan pengunjung dan warung. Ada juga  spot–spot foto menarik, mushola, joglo kecil, kamar mandi, rumah pohon, flying fox, dan ruang pertemuan terbuka. Cukup lengkap bukan ?. [samuel] 

Subscribe to receive free email updates: