Air Terjun Sarangsari Sarangan

 

Air Terjun Sarangsari Sarangan
Air Terjun Sarangsari/Mojosemi Forest Park

Lokasi air terjun Sarangsari saat ini menjadi satu kawasan wisata alam Mojosemi Forest Park yang berada di jalan raya sarangan KM 5 desa Sarangan kecamatan Plaosan kabupaten Magetan. Berada satu jalur dengan wisata telaga Sarangan air terjun ini berada di atasnya kurang lebih 3 KM dari akses masuk telaga Sarangan.  

Akses ke lokasi

Untuk menuju air terjun Sarangsari kamu harus masuk melalui wisata alam Mojosemi Forest Park. Kamu bisa parkir kendaraan mu di lokasi yang disediakan pihak pengelola tanpa perlu khawatir keterbatasan tempat, baik kendaraan roda dua, mobil, ataupun bus juga masuk masuk kok. hanya ada satu akses jalan untuk sampai air terjun Sarangsari dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang lebih sekitar 400 meter. Namun bagi kamu yang ingin mengunjungi sambil bertualang bisa juga dengan menyewa jeep yang disediakan dari Mojosemi Forest Park

Baca juga : Mojosemi Forest Park

Gambaran kondisi dan daya tarik

Air terjun Sarangsari pada mulanya merupakan suatu kawasan rumah dengan pembibitan bunga Sarangsari yang dikelola oleh pemerintah kolonial belanda. Seiring perjalanan waktu kebun bunga sarangsari terlantar apalagi Indonesia sudah merdeka dari pemerintahan kolonial Belanda. Air yang biasanya mengalir di air terjun kemudian dimanfaatkan oleh PDAM Lawu Tirta sebagai bahan baku untuk melayani masyarakat sehingga debitnya sangat jauh berkurang.

Pintu Masuk Air Terjun Sarangsari
Pintu Masuk Air Terjun Sarangsari/mediapantura.com

Dalam rangka menghidupkan kembali potensi air terjun Sarangsari pengelola Mojosemi Forest Park berinisiatif untuk menambah debit air dengan mencari sumber aliran air yang bisa digabungkan menjadi air terjun lebih besar. Adapun berdasarkan dari hasil observasi lapangan ditemukanlah 2 sumber pendukung yaitu sumber Irangan dan sumber putek – putek. Sumber Irangan sendiri mampu memberi pasokan air sebesar 2 dim sedangkan sumber putek – putek mampu memberi pasokan 4 dim.

Air Terjun Sarangsari Sarangan
Air Terjun Sarangsari/kompas.com

Ketinggian air terjun mencapai 35 meter dengan curah debit yang cukup deras. Panorama hijau dari tumbuhan perdu yang menyelimuti dinding batu air terjun terasa menyejukkan mata. Ada juga ditempat tersebut pohon pakis raksasa yang berada tepat di tengah area air terjun akan menambah eksotisme keindahan air terjun Sarangsari. Bagi kamu yang berkunjung kesini bersama keluarga dibawah air terjun ini juga disediakan kolam renang buatan berikut dengan kursi dan meja dari batu, sehingga kamu bisa duduk santai sambil menikmati indahnya air terjun Sarangsari.  

Fasilitas dan biaya masuk

Untuk menikmati keindahan air terjun otomatis kamu harus masuk melalui wisata alam Mojosemi Forest Park. Adapun biaya yang yang harus kamu keluarkan sebesar Rp. 35.000,- hanya untuk tiket masuk saja. Jika ingin menikmati wahana wisata akan biaya tambahan lain. Fasilitas yang tersedia yaitu :

  1. Kamar mandi
  2. Toilet
  3. Gazebo
  4. Parkir lua
  5. Kantin
  6. Musholla
  7. Jogging track
  8. Spot selfie instagramable
[samuel]

 

Subscribe to receive free email updates: