Air Terjun Studio Alam Magetan

air terjun studio alam
air terjun studio alam

Jika mengulas gunung lawu memang tak akan ada habisnya. Gunung yang membelah dua provinsi antara jawa timur dan jawa tengah , antara magetan dan karanganyar. Banyak sekali objek wisata air terjun digunung ini seperti tirtasari, watu ondo, jarakan, bidadari, dan lainnya.  Salah satu air terjun lainnya yaitu air terjun studio alam. Air terjun studio alam lokasinya berada di desa sarangan kecamatan plaosan kabupaten magetan.  



Baca juga : air terjun tirtasari
Baca juga : air terjun jarakan
Baca juga : air terjun bidadari

Akses ke lokasi

Walaupun lokasinya masih berada di kecamatan plaosan kabupaten magetan namun untuk mencapai lokasinya harus melalui jawa tengah. Anda harus masuk melalui pos pendakian cemoro kandang karanganyar jawa tengah.  Jalur pendakian di gunung lawu ada dua yaitu cemoro kandang (karanganyar – jawa tengah) dan cemoro sewu (magetan – jawa timur) keduanya hanya berjarak sekitar 300 meter. 

petunjuk arah
petunjuk arah air terjun studio alam/sintamanila.blogspot.com


Sesampainya di pos masuk pendakian ke gunung lawu silahkan registrasi terlebih dahulu. Anda yang membawa motor atau mobil tidak perlu khawatir karena di dekat area ini ada tempat penitipan kendaraan  bermotor. Air terjun studio alam berada di sisi jalan sebelum pos 1 pendakian gunung lawu, atau kira – kira 25 menit perjalanan dari pintu masuk.  Kondisi jalan menuju air terjun ini memang tidak accessible banyak semak belukar di kiri kanan jalan, masih alami sekali. Selain itu hampir tidak ada orang yang berkunjung kesini kecuali para pendaki yang kebetulan mampir.   

Gambaran kondisi dan daya tarik

Dibandingkan dengan air terjun lainnya di area gunung lawu air terjun studio alam tergolong biasa – biasa saja dan debit air nya tidak besar. Namun jika anda mencari air terjun yang benar-benar masih alami kami merekomendasikan air terjun studio alam ini.  Mengingat akses menuju lokasi air terjun studio alam cukup terjal, anda dapat meminta bantuan petugas pos induk cemoro kandang.

air erjun studio alam
air terjun studio alam/detik.com

Hal yang menarik dari air terjun ini adalah lukisan alamnya yang masih perawan. Suasana di air terjun studio alam ini cenderung sepi dan anda hanya akan mendengar dan melihat celotehan suara alam. Air yang jatuh dari ketinggian kemudian mengalir ke sebuah sungai kecil. Lumut – lumut yang hinggap mesra di bebatuan dibasuhi air mengalir. Dan sesekali terdengar suara cuitan burung – burung liar bersautan dengan gemericik air. Sungguh sebuah simfoni yang lengkap untuk menikmati sebuah air terjun yang sesungguhnya. 

Fasilitas dan biaya masuk

Fasilitas air terjun studio alam ini masih minim karena mayoritas pengunjung yang ingin dituju adalah puncak gunung lawu. Pintu masuk menuju air terjun dan pendakian tergabung menjadi satu. Oleh karena itu ketika membeli tiket wajib disampaikan bahwa anda hanya akan ke air terjun sehingga anda akan mendapatkan tiket yang berbeda. Biaya tiket untuk satu orang hanya Rp.7.500,- sedangkan parkir motor Rp.2.000,-. [samuel]



Subscribe to receive free email updates: