Air Terjun Tirtasari Magetan Jawa Timur

 Air Terjun Tirtasari Magetan

    Air terjun tirtosari berlokasi di dusun ngluweng desa ngancar kecamatan plaosan kabupaten magetan. Letaknya juga cukup dekat dengan telaga sarangan mungkin sekitar 2-3 km jadi sebelum berkunjung ke air terjun ini sempatkan juga untuk berkunjung ke telaga sarangan yang sudah menjadi icon wisata magetan.

Akses ke lokasi

       Akses jalan ke lokasi cukup mudah, kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa digunakan dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki sepanjang 1 KM untuk sampai ke lokasi air terjun. Sampai saat ini tidak ada angkutan umum yang menyambungkan akses terminal terdekat dengan wisata air terun ini, sehingga kami sarankan menggunakan kendaraan pribadi. Jalur pendakian ini tidak terlalu menanjak, bisa dikatakan cenderung landai sehingga sangat cocok bagi anak kecil sekalipun. Kondisi jalannya juga cukup bagus karena sudah bukan jalan tanah melainkan sebagian jalan sudah cor semen dan makadam batu-batuan.

Gambaran dan daya tarik

  Selama perjalanan ke air terjun pengunjung akan disuguhkan keindahan pemandangan alam nan asri dan menyejukkan mata. Pengunjung akan melihat hamparan permadani sawah yang hijau,  kebun sayur dan petani yang rajin mengolah ladang, pepohonan kokoh dan rindang yang keindahannya terpancar dari lereng gunung Lawu terutama waktu sore hari ketika matahari akan bersembunyi di balik gunung dengan membawa rona warna kemerahan, kalau beruntung pengunjung juga bisa bertemu dengan hewan lutung liar yang tinggal di sekitar lokasi wisata. 

air terjun tirtosari
wisatamagetan.worpress.com/air terjun tirtosari

     Air terjun tirtosari berada pada ketinggian 1200 mdpl memiliki tinggi air terjun 50 meter dengan jam operasional  mulai jam 07.00 – 17.00 WIB. 

Akses ke air terjun/instagram/ajeng_aw

Fasilitas dan biaya

    Hingga saat ini wisata air terjun tirtasari telah dikelola dengan baik, semua itu bisa dilihat dari sejumlah sarana dan prasarana yang ada seperti tempat ibadah masjid , area parkir, toilet umum, dan beberapa permainan outbound.  Selain itu adapula camping groud yang lokasinya tidak jauh dari objek wisata sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin bermalam disana. Urusan makanan tidak usah bingung, di perjalanan menuju air terjun terdapat warung – warung yang menjual berbagai makanan khas magetan seperti sate kelinci, bakso, jagung bakar dan masih banyak yang lainnya ditemani dengan suasana yang asri hawa dingin semakin menambah kenikmatan makanan. 

    Tidak ada bulan khusus jika anda ingin berwisata kesana karena bulan apapun sumber air terjun ini akan tetap mengalir namun jika ingin menikmati debit air yang lebih besar kami sarankan anda untuk berkunjung pada awal musim penghujan sampai awal musim kemarau. Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati wisata air terjun tirtosari ini cukup murah, yaitu Rp.10.000,- anda bisa mendapatkan fasilitas –fasilitas yang tersedia, cukup murah bukan ?. [samuel]


Subscribe to receive free email updates: