Air Terjun Tirto Gumarang Sarangan Magetan

 

air terjun tirto gumarang
air terjun tirto gumarang/Instagram Rasyidah.jalil10

Air terjun tirto gumarang terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Propinsi Jawa Timur dengan  Koordinat GPS: 7° 39' 53.6" S  111° 11' 29.5 dan ketinggiannya yaitu sekitar 1.750 mdpl. Selain disebut sebagai air terjun tirto gumarang air terjun ini juga disebut sebagai air terjun kembar. Penamaan ini didasarkan atas dasar keberadaan air terjun yang berdampingan sehingga disebut seperti itu.

Akses ke lokasi air terjun tirto gumarang

Saat ini untuk mencapai air terjun tirto gumarang cukup mudah, karena sekarang sudah dikelola dengan baik dan terintegrasi dengan wisata alam tirta gumarang. Untuk mencapai air terjun ini anda cukup ikuti saja arah ke tempat wisata tirta gumarang. Lokasinya tepat berada di depan pintu masuk jalur pendakian gunung lawu via cemoro sewu. Sebagai informasi jalur pendakian gunung lawu ada beberapa pilihan yaitu :

  • Cemoro sewu – Kab. Magetan, Jawa Timur  
  • Singolangu  - Kab. Magetan, Jawa Timur
  • Cemoro kandang - Kab. Karanganyar, Jawa Tengah
  • Candi cetho - Kab. Karanganyar, Jawa Tengah

Baca juga : wisata alam tirta gumarang

Setelah kamu masuk wisata alam tirta gumarang ikuti saja petunjuk arah ke air terjun tirto gumarang. Jalan akses ke air terjun sekarang sudah dibuat dengan baik semenjak di tempat tersebut dilegalkan wisata alam kerjasama antara Perhutani dan perusahaan swasta. Kondisi jalan memang masik jalan setapak oleh karena itu kami sarankan lebih baik memakai sandal gunung atau alas kaki yang cocok dengan medan pegunungan.

Gambaran kondisi dan daya tarik air terjun tirto gumarang

Berbeda dengan air terjun lain yang ada di magetan, air terjun tirto gumarang menjadi satu kawasan dalam wisata alam tirta gumarang. Oleh karena itu sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan area wisata alam dengan berbagai tema. Taman – taman sudah mulai tersusun rapi dan bunga – bunga bermekaran berwarna –warni.

air terjun tirto gumarang
air terjun tirto gumarang/instagram_andrinantw1964


Sesuai dengan namanya yaitu air terjun kembar, air terjun ini memiliki ketinggian yang berbeda. Pada air terjun pertama memiliki ketinggian 15 meter sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian 30 meter. Air disini sangat jernih dan menyegarkan cocok buat kamu yang ingin menikmati hawa sejuk pegunungan dan air dingin untuk sejenak menyegarkan pikiranmu. Aliran air dari disini akan mengalir ke air terjun dibawahnya yaitu air terjun Sarangsari. Memiliki kesamaan konsep pengelolaan, air terjun ini juga terintegrasi dengan wisata alam Mojosemi Forest Park.   

Baca juga : air terjun sarangsari mojosemi forest park

Fasilitas dan biaya masuk air terjun tirto gumarang

Berkunjung ke air terjun tirto gumarang berarti secara tidak langsung juga berwisata ke wisata alam tirta gumarang. Biaya masuknya cukup murah saja hanya Rp.15.000 untuk hari biasa dan Rp. 20.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Fasilitas yang bisa dapatkan diantaranya yaitu :

  1. Air terjun tirto gumarang
  2. Parkir luas
  3. Taman – taman bunga
  4. Jeep adventure (biaya tambahan )
  5. Toilet umum
  6. Resto
  7. Spot – spot selfi tematik
[samuel]

Subscribe to receive free email updates: