Air Terjun Watu Ondo Magetan Jawa Timur

air terjun watu ondo
air terjun watu ondo/bentengmagetan.wordpress.com

Air terjun watu ondo lokasinya berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Air terjun ini merupakan rangkaian dari 3 air terjun yang berada di desa ngancar. Air terjun paling atas bernama Pundak kiwo, paling tengah bernama jarakan, dan yang berada di bawah bernama watu ondo. Jadi dengan menuju satu lokasi yaitu desa ngancar, anda mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke 3 lokasi air terjun sekaligus. Penamaan watu ondo ini berasal dari kondisi air terjun, watu  yang berarti batu sedangkan ondo  berarti tangga. Sehingga jika digabungkan menjadi tangga batu yang bermakna air terjun berbatu yang membentuk seperti tangga.

Akses lokasi


Untuk mencapai air terjun watu ondo akses lokasinya cukup mudah. Dari beberapa akses lokasi yang ada lebih mudah jika melalui desa ngerong. Apabila dari arah magetan sebelum pertigaan ke arah telaga sarangan akan ada papan petunjuk sebelah kiri jalan. Ikuti papan petunjuk tersebut karena  menuju ke arah air terjun pundak kiwo.

Kendaraan bermotor ataupun minibus bisa melalui jalan ini, selain sudah beraspal anda juga akan dihibur hamparan sawah nan hijau. Sesampainya di lokasi pemberhentian anda bisa memarkir kendaran di lokasi parkir yang sudah disediakan.  Jarak antara lokasi lokasi parkir dengan air terjun watu ondo kurang lebih sekitar 500 m dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Baca juga : air terjun jarakan

Baca juga : air terjun pundak kiwo

Gambaran kondisi dan daya tarik

Sepanjang perjalanan menuju air terjun pundak kiwo hanya ditempuh dengan jalan kaki.  Selama perjalanan anda akan disambut perkebunan sayur masyarakat sekitar. Selain itu separuh perjalanannya anda akan melihat deretan pohon pinus yang lebat dan menikmati sejuknya udara pegunungan. Wisata alam ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa adventure atau petualang.

Air terjun watu ondo terletak paling bawah dibandingkan air terjun lainnya di desa ngancar. Dua air terjun lainnya yaitu air terjun pundak kiwo dan  air terjun jarakan. Ciri khas air terjun  ini memiliki aliran deras, bening, dan bisa digunakan untuk berenang dengan kondisi alamnya yang masih alami. Kondisi air terjun yang deras akan bisa kalian temui pada musim penghujan sedangkan pada musim kemarau debit air memang kecil. Namun jangan kecewa karena sambil berwisata di air terjun ini kamu juga bisa berkunjung ke air terjun lainnya. Karakteristik air terjun ini mirip dengan air terjun pundak kiwo yaitu tebingnya terdiri dari batu andesit yang berundak – undak.

air terjun watu ondo
air terjun watu ondo/bentengmagetan.wordpress.com

Sepanjang deretan air terjun ini terdapat sebuah situs yang disebut Prasasti Watu Ongko. Prasasti ini dipercaya sebagai petilasan Eyang Ongko Wijoyo. Konon situs itu peninggalan Zaman Majapahit berupa batu tertulis yang masih dipelihara oleh masyarakat dan dijadikan tempat ritual pada saat-saat tertentu.

Fasilitas dan biaya masuk

Wisata alam air terjun watu ondo bisa dikatakan wisata yang cukup representatif dan mendukung keinginan pengunjung. Biaya masuk juga cukup murah yaitu hanya Rp. 5.000, - (termasuk parkir) anda akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukungnya. [samuel]

  • Area Parkir kendaraan
  • Tempat Istirahat
  • Kamar mandi / MCK
  • Warung Jualan
  • Musholla
  • Spot – spot foto
  • Jungle track   

Subscribe to receive free email updates: