Ini lho bedanya ! Hotel, Hostel, Losmen, Villa, Cottage, Homestay, dan Guesthouse

Berlibur ke magetan dengan menikmati suasana malam ala pegunungan tidak lengkap rasanya jika tidak menginap. Di magetan banyak sekali penginapan mulai dari harga ekonomis sampai harga ekseklusif dengan berbagai fasilitasnya yang beragam. Sebelum kamu memilih cek in di salah satu penginapan di magetan ada baiknya kamu mengetahui perbedaan-perbedaan di antara penginapan yang ada agar tidak salah memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

kamar hotel mewah/tahupedia.com

Hotel

Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu. Jenis hotel ini dibagi menjadi 4 yaitu :

a.     City Hotel

Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City Hotel disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut.

b.    Residential Hotel

Hotel yang berlokasi di daerah pinngiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama.Dengan sendirinya hotel ini diperlengkapi dengan fasilitas tempat tinggal yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

c.     Resort Hotel

Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di tepi aliran sungai. Hotel seperti ini terutama diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berekreasi.

d.    Motel (Motor Hotel)

Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel ini menyediakan fasilitas garasi untuk mobil.

Hostel

Hostel merupakan salah satu jenis penginapan yang tarifnya sangat terjangkau. Jenis penginapan ini biasanya berbentuk kamar asrama. Artinya, satu tamu akan tidur bersama dengan tamu lainnya dalam satu kamar. Tempat tidur memang disediakan namun tidak jarang dalam satu kamar memakai kamar tidur bertingkat. Buat kamu yang gemar backpacker penginapan hostel ini mungki cocok untuk kamu saat travelling.  

 

Losmen

Losmen merupakan sebuah penginapan  yang menawarkan tarif  yang lebih murah daripada hotel. Pengertian Losmen saat ini disebut pula dengan hotel melati. Berbeda dengan hotel atau pun hostel, losmen ini memiliki ruang kamar sendiri-sendiri untuk setiap tamunya tidak seperti hostel (berbagi) dan fasilitasnya tidak seperti hotel karena Biasanya hanya ada peralatan untuk tidur seperti kasur dan lemari seadanya. Ukurannya juga nggak terlalu besar, namun harga yang ditawarkan untuk tamu cukup murah. Jadi, jika kamu ingin berhemat, losmen adalah pilihan yang paling pas.


Villa

Villa merupakan bangunan rumah yang bisa disewa untuk tempat menginap. Berbeda dengan hotel, di mana kamu bisa menyewa hanya satu kamar saja. Tapi untuk villa, kamu harus menyewa keseluruhan bangunan. Biasanya villa ada di dekat lokasi wisata seperti pantai atau pegunungan. Tentu saja harga yang ditawarkan lebih mahal daripada hotel, tetapi jika kamu menginap dengan banyak orang mungkin harganya bisa jauh lebih murah daripada hotel.  Tempat ini adalah pilihan yang paling pas jika kamu liburan bersama dengan banyak orang seperti keluarga atau sahabat untuk malam  keakraban, reuni, malam api unggun, atau lainnya.

Villa pinaringan magetan
Villa pinaringan magetan/booking.com

Cottage

Cottage adalah sejenis penginapan mirip dengan villa namun biasanya berupa bangunan seperti pondok atau rumah kecil yang terpisah-pisah dan sederhana. Lokasinya juga biasanya di daerah dekat pantai dan danau yang mengandalkan pemandangan alam. Harga cenderung sesuai lokasi dan fasilitas yang disediakan. Cottage juga mengutamakan privasi dari pengunjungnya jadi buat kamu yang ingin menikmati bersama kekasih tidak perlu malu karena lebih aman.

sukuh cottage tawangmangu
sukuh cottage tawangmangu/booking.com

Homestay

Homestay merupakan penginapan yang menggunakan konsep seperti rumah saudara yang dijadikan tempat singgah sementara. Pemilik homestay biasanya tinggal tidak jauh dari homestay. Karena konsepnya yang seperti rumah, homestay jarang berada di pinggir jalan, dan lebih mudah ditemui di perkampungan. Ini jelas sangat berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh cottage.

Guesthouse

Secara bahasa guesthouse berarti rumah ramu. Penginapan ini berbeda dengan villa, cottage, ataupun homestay karena statusnya sebagai tamu terkadang pemilik guesthouse juga tinggal di dalam gedung yang sama. Fasilitas yang ada adalah milik bersama dan dapat digunakan oleh semua tamu yang menginap.  [samuel]

samudra 58 guesthouse magetan
Samudra 58 guesthouse magetan/readytotrip.com



Subscribe to receive free email updates: