Ini Lho Bedanya ! Restoran, Rumah makan, Cafe, dan Bistro

 

Savier Cafe Sarangan
Savier Cafe Sarangan/id.pinterest.com

Sekilas restoran, cafe, ruma makan, dan distro sama-sama menyediakan menu makanan dan minuman namun pada dasarnya mereka berbeda lho. Bagi kamu yang sudah terbiasa makan diluar rumah mungki sudah bisa membedakan berbagai tempat makan tadi dari segi menu dan fasilitasnya namun bagi yang jarang makan diluar pasti akan kesulitan membedakannya. Yuk baca bedanya agar tidak malu-maluin  pas mau makan diluar !

Restoran

Sebuah tempat makan yang memiliki standar tertentu (manajemen,SOP, pelayanan,dan lainnya) yang umumnya menyediakan makanan berat dengan sentuhan mewah dan elegan. Dari segi harga restoran memang memasang harga relatif lebih mahal dibandingkan lainnya namun hal itu sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan.

Restoran biasanya ada yang menjadi satu dengan hotel (Hotel & Restoran) adapula yang terpisah (Restoran). Untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana dan makan di Hotel &  Restoran tidak perlu menginap karena anda juga boleh menjadi pengunjung di Restorannya saja

Rumah Makan

sebuah tempat makan yang memiliki standar tertentu yang lebih flexibel dan lebih luwes dalam operasionalnya. Rumah makan juga menyediakan makanan berat seperti halnya restoran namun jauh dari kesan mewah dan elegan karena penekanaannya lebih ke arah rasa. Dari segi harga rumah makan juga lebih bersahabat dari restoran.

Baca juga : Pilihan rumah makan di magetan

Cafe

Secara harfiah cafe berasal dari bahasa perancis “café’’ yang berarti (minuman) kopi. Jadi cafe sangat identik dengan kopi sebagai media nongkrong. Jika diartikan dalam bahasa indonesia cafe adalah tempat makan yang menyediakan makanan ringan seperti roti bakar, sandwich, kentang goreng, dan lain-lain.

GG Cafe Parang
GG Cafe Parang/gg-cafe-resto-cafe.business.site


Menu minuman di cafe juga lebih beragam jika di bandingkan rumah makan misalnya berbagai varian kopi dan teh, softdrink, jus, bir, dan masih banyak lagi. Saat ini cafe juga berakulturasi dengan jasa lain misalnya karaoke-cafe, jadi selain menyediakan fasilitas karaoke juga menyediakan fasilitas cafe.

Baca juga : Karaoke – Cafe di Magetan

Baca juga : Pilihan cafe untuk nongkrong di magetan

Bistro

Sejarah bistro juga tidak lepas dari Perancis sama seperti halnya cafe. Dari segi luas lahan bistro identik dengan cafe (kecil) namun dari segi makanan ia identik dengan restoran (elegan dan mewah) bedanya menu makanan yang disediakan bistro cenderung selalu berubah baik siang atau malam.

Di Indonesia biasanya bistro dikelola oleh seorang chef dengan menu makanan yang merujuk ke makanan Perancis, Italia, dan Jerman. Karena rujukannya adalah negara barat maka tak jarang bistro juga menyediakan minuman anggur, wine, atau lainnnya. [samuel]

 

Subscribe to receive free email updates: